Langsung ke konten utama

DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang biasa disingkat dengan IPTEK adalah suatu dampak dari adanya globalisasi pada masa ini. IPTEK ini ditandai dengan teknologi yang semakin maju dan semakin canggih sehingga dapat mempermudah kita melakukan suatu hal dalam kehidupan sehari-hari. Seperti contohnya, berkomunikasi. Pada masa sekarang, dengan mudahnya kita dapat berkomunikasi dimanapun dan kapanpun. Hal ini disebabkan karena telah muncul berbagai macam teknologi yang memudahkan itu semua, yaitu handphone. Handphone atau telepon genggam ini berfungsi untuk berkomunikasi dengan cara telefon, atau saling mengirimkan pesan singkat atau yang biasa kita sebut dengan sms.

Hampir seluruh manusia yang ada di dunia ini menggunakan handphone. Bahkan tidak hanya orang dewasa yang memilikinya, anak kecil di bawah umur 12 tahun saja sudah mengenal adanya teknologi tersebut. Sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk memberikan handphone kepada anak di bawah umur, hal ini bisa menyebabkan mereka jadi tidak mengenal dunia luar. Ini memiliki pengaruh yang tidak baik terhadap keadaan psikis maupun fisik mereka. Pengaruhnya terhadap psikis mereka adalah adanya ketergantungan antara dirinya dengan alat tersebut, yang menyebabkan benda tersebut tidak bisa lepas dari genggaman mereka.           


Selain handphone, perkembangan IPTEK yang lainnya adalah internet. Internet memiliki dampak yang positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebenernya dampak internet itu berada dalam diri kita sendiri, apabila kita menggunakan internet dengan benar seperti mencari informasi tentang pengetahuan atau mencari sesuatu hal yang kita tidak tahu dan itu menambah pengetahuan kita, internet tersebut akan berdampak positif terhadap diri kita. Namun, apabila kita menggunakan internet untuk mencari-cari hal yang melanggar norma yang ada di lingkungan kita seperti melihat video porno, atau membaca cerita-cerita porno maka internet tersebut memiliki dampak yang negatif kepada diri kita.


Internet juga bisa merubah sikap seseorang, seperti contoh apabila ada anak yang pendiam dan dia selalu bermain dengan internet. Dan dia menggunakan internet tersebut untuk menonton video-video yang melanggar asusila, seperti pertengkaran atau tawuran antar pelajar. Ia akan  memiliki rasa penasaran dan ingin mencobanya, sehingga dia akan cenderung menirukan perilaku seperti itu. Yaitu, pada saat di dunia nyata walaupun dia cenderung pendiam, namun apabila ada sesuatu hal yang tidak dia sukai, dia akan menggunakan emosinya untuk menghilangkan sesuatu itu dari pandangannya. Oleh karena itu, agar kita tidak terlalu terpengaruh akan dampak iptek yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus bisa untuk memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut ke dalam hal yang positif. Agar kita tidak terjerumus ke dalam hal yang negatif.


Perkembangan IPTEK dapat menghasilkan pengaruh positif dan negatif di dalam kehidupan, tergantung bagaimana individu tersebut dapat menggunakan segala sesuatunya sesuai kebutuhannya. 
Berikut ini contoh lain dari Pengaruh Positif dari perkembangan IPTEK bagi masyarakat yaitu :

  • Pemikiran masyarakat akan semakin maju dan berkembang,
  • Segala sesuatunya akan mudah terselesaikan secara tepat waktu dengan penggunaan IPTEK.

Dan ada pula pengaruh Negatif dalam perkembangan IPTEK yaitu :


  • Lunturnya kebudayaan-kebudayaan lama,
  • Individu akan menjadi malas dikarenakan segala aktivitasnya mengandalkan teknologi,
  • Dapat menimbulkan kejahatan yang dapat terjadi di masyarakat dikarenakan perkembangan IPTEK yang cukup pesat.

SUMBER : http://dodowindha.blogspot.com/2013/04/dampak-perkembangan-iptek-terhadap.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Berehan Sista Praja - CGP Jawa Barat

  Latar Belakang       Suasana positif sangat mendukung dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif, karena dengan begitu guru dan murid akan menemukan suatu kondisi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan tanpa adanya beban. salah satunya dengan membuat kesepakatan kelas. kesepakatan kelas dibuat oleh murid dan guru secara bersama-sama dan dilaksanakan secara bersama-sama dan dilaksanakan secara bersama agar terciptanya suasana positif di lingkungan belajar sekolah.  Tujuan Aksi Nyata Menumbuhkan budaya positif di sekolah dengan meyakini nilai-nilai kebajikan universal  Menciptakan murid yang merdeka dan mempunyai disiplin kuat sesuai dengan profile pelajar pancasila  Tolak Ukur  Terbentuknya keyakinan kelas melalui kesepakatan yang dilakukan oleh murid dan guru  Siswa mampu menjalankan kesepakatan kelas yang sudah dibuat  Linimasa Tindakan  Keyakinan Kelas      Langkah-langk...

softskill minggu 2 (sejarah komunitas online, polarisasi dalam internet, brainstorming, mengembangkan kepercayaan dalam komunitas online)

SEJARAH KOMUNITAS ONLINE Komunitas online adalah kumpulan orang-orang yang melakukan interaksi melalui internet dan tidak bertemu secara fisik. Awalnya Komunitas Online/Jejaring Sosial dibentuk karena  adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Berikut adalah ringkasan sejarah tentang komunitas online atau lebih akrab disebut dengan jejaring sosial: Tahun 1997 :  Sixdegrees.com merupakan situs jejaring sosial pertama. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000 : lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001 : Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002 : friendster, semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003 : muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, F...

Artificial Intelligence, ELIZA, PARRY, NET TALK dan Expert System (SOFTSKILL)

Sejarah Artificial Intelligence Artificial intelligence  merupakan inovasi baru di bidang ilmu pengetahuan. Mulai ada sejak munculnya komputer modern, yakni pada tahun 1940 dan 1950. Ilmu pengetahuan komputer ini khusus ditujukan dalam perancangan otomatisasi tingkah laku cerdas dalam sistem kecerdasan komputer. Pada awalnya, kecerdasan buatan hanya ada di universitas-universitas dan laboratorium penelitian, serta hanya sedikit produk yang dihasilkan dan dikembangkan. Menjelang akhir tahun  1970-an dan 1980-an, mulai dikembangkan secara penuh dan hasilnya berangsur-angsur dipublikasikan di khalayak umum. Permasalahan yang ada di dalam kecerdasan buatan akan selalu bertambah dan berkembang seiring dengan laju perkembangan jaman yang menuju arah globalisasi. Program kecerdasan buatan lebih sederhana dalam pengoperasiannya, sehingga banyak membantu pengguna. Program konvensional dijalankan secara prosedural dan kaku, rangkaian tahap solusinya sudah didefinisikan se...