Jangan Tertipu, Ya. Ini Bukan Makanan
April 28, 2014
Jessica Dance adalah seorang
designer sedangkan David Sykes adalah seorang fotografer. Mereka berduet
dalam sebuah project unik berupa mainan dari bahan-bahan kain yang dibentuk
menyerupai makanan. Saat Anda melihat project tersebut dari kejauhan, pasti
Anda akan tertipu
Jessica Dance menggunakan sebuah
mesin jahit untuk merangkai pola-pola yang telah ia buat. David Skyes
melengkapi project tersebut dengan melakukan pengaturan sedemikan rupa terhadap
kameranya untuk menghasilkan foto yang pas sesuai object yang akan dibidik.
Makan-makanan yang dibentuk oleh Dance antara lain hamburger, french fries,
hotdog hingga daging ayam
Supaya terlihat seperti asli,
rajutan-rajutan tersebut dihidangkan diatas meja makan lengkap dengan
perlengkapan makan seperti sendok, garpu serta piring saji. Jessica Dance dan
David Skyes memberi nama project mereka dengan The Comfort Food
Memang ya, orang-orang kreatif
selalu punya cara yang unik untuk mengekspresikan idenya..
DIKUTIP
OLEH SITUS : http://ininyata.com/unik/jangan-tertipu-ya-ini-bukan-makanan/
ANALISIS
Dalam berita
dari sebuah media online yaitu ini nyata (http://ininyata.com/unik/jangan-tertipu-ya-ini-bukan-makanan/).
Berita ini berisi tentang seorang designer beranama Jessica dance dan david
skykes seorang fotography membuat suatu project maianan berbahan kain dalam
bentu makanan. Hal yang akan saya analisa adalah dari segi kreativitasnya dalam
mendesain maianan tersebut.kreativitas yang akan saya bahas tentang psikologi
kreativitas dan keberbakatan yang menyangkut dengan pendekatan pribadi kreatif
dan pendekatan produk kreativitas.
Seperti yang
kita ketahui pendekatan pribadi kreatif adalah suatu tindakann kreatif yang
muncul dari keunikan keseluruhan kepribadian dalam interaksi dengan lingkungan
sedangkan pendekatan produk kreatif adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang
baru dengan menekankan unsure orisinalitas.
Dari segi
pendekatan pribadi kreatif terdapat 3 atribut yang mendukung :
1.
Intelegensi adalah sesuatau yang menekankan pada
kemampuan verbal, pemikiran yang lancar, pengetahuan, perencanaan, dll
2.
Gaya kognisi adalah suatau pilihan untuk membuat aturan
sendiri dan mengerjakan sesuatu dengan cara sendiri
3.
Dimensi kepribadian adalah keinginan untuk
mengembangkan kinerja yang kreatif
Selain itu peran
analisis intelegensi dalam penerapan kreativitas berkaitan dengan kemampuan
untuk mengevaluasi ide – idenya sendiri, lalu kemudian memasukkan ide yang mana
bermakna untuk diteruskan, kemampuan analisis dapat digunakan lebih lanjut
untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan ide tersebut, sehingga dapat
ditemukan cara menyempurnakan ide tersebut.
Dalam hal ini
pendekatan produk kreativitas juga mengambil andil karena saat ditemukan cara
untuk menyempurnakannya akan dibutuhkan suatu konsep atau ide yang orisinalitas
dan suatu keuntungan bagi seseorang bahkan menekankan pada kebermaknaan pad
aide tersebut.
Teori yang saya
ambil dalam analisa saya adalah :
Teori Rogers:
Carl rogers menyatakan
terdapat tiga kondisi internal pribadi kreatif, yaitu:
1.
Keterbukaan terhadap pengalaman
2.
Kemampuan untuk menilai situasi sesuai patokan pribadi seseorang
3.
Kemampuan untuk bereksperimen dengan konsep-konsep
Jika seseorang
sudah memiliki ketiga cirri ini orang tersebut dapat berfungsi sepenuhnya dan
menghasilkan karya-karya kreatif apabila kondisi lingkungan mendukung.
Komentar
Posting Komentar