Langsung ke konten utama

#SIP (SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI)

A.            ETIKA MENULIS ARTIKEL ONLINE
Kali ini saya mau menjelaskan Etika Menulis Artikel Online. Mengapa menulis memerlukan etika?  Tulisan merupakan media untuk mengkomunikasikan gagasan atau pendapat kepada orang lain. Kesalahpahaman dalam penulisan mengakibatkan pesan yang hendak disampaikan melalui tulisan tidak mengena pada pembaca. Beberapa teknik-teknik penulisan antara lain: 
  • Kata pembuka dan penutup sesuai proporsi.
  • Mengikuti aturan main penulisan sebagai tulisan ilmiah. 
  • Bagian isi (diskusi) lebih dominan dalam tulisan.

Selanjutnya, etika seorang penulis yaitu melahirkan karya yang orisinal, bukan hasil dari jiplakan karya orang lain. Sebagai orang penulis, mestinya menjaga kebenaran dan manfaat serta makna informasi yang disebarkan sehingga tidak menyesatkan. Menulis secara cermat, teliti, dan tepat. Bertanggung jawab secara akademis atas tulisannya dan memberi manfaat kepada masyarakat pengguna atau pembaca. Sebagai penulis harus  jauhi sikap-sikap Plagiarisme, Apa sih Plagiarisme itu?, Plagiarisme adalah penggunaan hasil karya orang lain yang diakui sebagai hasil kerja diri sendiri, tanpa memberi pengakuan pada penciptanya yang asli.

B.            PENGERTIAN INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI
  • INFORMASI
Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”. Definisi informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi juga dapat didefinisikan sebagai data yang sudah diolah menjadi sesuatu yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.
  • SISTEM
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yang dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara.
Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi dan dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
  • PSIKOLOGI 
Psikologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologis psikologi artinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya, maupun latar belakangnya. Dengan singkat di sebut ilmu jiwa. Psikologi juga adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan hewan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat secara langsung yang berguna sebagai suatu usaha untuk memahami proses mental.
  • SISTEM INFORMASI
Sistem informasi merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, untuk mengumpulakn, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan cara-cara yang diorganisasi untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM INFORMASI DAN FUNGSINYA 
Sistem informasi terdiri dari komponen-­komponen yang  disebut blok  bangunan (building  blok) semua komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapat sasaran. komponen tersebut terdiri dari 8 komponen antara lain: 
1.             Komponen input
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk  metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, dan yang berupa dokumen-dokumen dasar.
2.             Komponen model 
Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data  input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan data yang diinginkan.
3.             Komponen output
Hasil dari sistem informasi adalah data yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
4.             Komponen teknologi
Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi ini digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan data, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5.             Komponen hardware 
Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan terpenting bagi sistem informasi. Yang berfungsi sebagai tempat untum menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi tersebut.
6.             Komponen software 
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah, menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7.             Komponen basis data 
Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di perangkat keras komputer dengan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data didalam basis data perlu diorganisasikan sedemikan rupa agar informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
8.             Komponen kontrol 
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, temperatur, air, debu, kecurangan­-kecurangan, bahkan kegagalan­-kegagalan sistem itu sendiri, ketidakefisienan, dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang serta diterapkan dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-­hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan­-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.
  • SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI 
Sistem Informasi Psikologi adalah suatu sistem atau tata cara yang merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian. Contoh nyata dari pengaplikasian SIP dalam kehidupan adalah penggunaan teknologi dalam pengambilan data tes psikologi, dalam hal ini umumnya komputer (komputerisasi alat tes psikologi).
C.            ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA
  • ARSITEKTUR KOMPUTER 
Arsitektur Komputer dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer itu sendiri adalah suatu konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perencanaan sistem komputer tersebut.
  • KOMPONEN-KOMPONEN ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur komputer memiliki komponen-komponen komputer yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu:
1.             INPUT
Input adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa sinyal input yang berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer sedangkan  maintance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.
2.             PEMROSESAN
Sebuah komponen komputer yang bekerja untuk mengolah data yang masuk ke dalam computer
3.             PENYIMPANAN
Sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data baik sementara atau selamanya
4.             OUTPUT
Output adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. keluaran dapat berupa hardcopy, softcopy atau berupa suara.
  • STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA
Menurut Piaget (1896) struktur kognitif merupakan mental framework yang dibangun seseorang dengan cara mengambil informasi dari lingkungan dan menginterpretasikannya, mereorganisasikannya serta mentransformasikannya.  Struktur kognitif yang terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang.
  • HUBUNGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA
Komputer dan kognisi memiliki persamaan dalam hal memproses informasi. Jika dikaitkan dengan arsitektur komputer yang memiliki pengertian sebagai konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer, maka kognisi manusia lah yang turut berperan penting dalam pembuatannya karena manusia lah yang menciptakan komputer dengan sistem yang menyerupai kognisi manusia dengan maksud untuk mempermudah manusia dalam pekerjaannya. Karena manusia memiliki otak yang melakukan proses memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan, berbahasa yang disebut sebagai kognisi. Hal ini juga behubungan dengan kognitif manusia dalam mengingat informasi.
  • ·         KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI ARSITEKTUR KOMPUTER, YAITU :

KELEBIHAN
KEKURANGAN
Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
Ukurannya lebih besar sehingga diperlukan ruangan yang besar untuk penyimpanan
Bisa digunakan oleh banyak pengguna
Harga sangat mahal
Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
Kecepatan processor hingga 1GPOS (Giga Operations Per Second)
Membutuhkan daya listrik yang sangat besar

  • ·         KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI STRUKTUR KOGNITIF, YAITU :

KELEBIHAN
KEKURANGAN
Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
Membutuhkan waktu yang cukup lama
Banyak memberi motivasi gar terjadi proses belajar
Terkadang sulit mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena tergantung individu dalam mengoptimalkan cara berpikirnya.
Mengoptimalkan kinerja otak secara maksimal


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Berehan Sista Praja - CGP Jawa Barat

  Latar Belakang       Suasana positif sangat mendukung dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif, karena dengan begitu guru dan murid akan menemukan suatu kondisi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan tanpa adanya beban. salah satunya dengan membuat kesepakatan kelas. kesepakatan kelas dibuat oleh murid dan guru secara bersama-sama dan dilaksanakan secara bersama-sama dan dilaksanakan secara bersama agar terciptanya suasana positif di lingkungan belajar sekolah.  Tujuan Aksi Nyata Menumbuhkan budaya positif di sekolah dengan meyakini nilai-nilai kebajikan universal  Menciptakan murid yang merdeka dan mempunyai disiplin kuat sesuai dengan profile pelajar pancasila  Tolak Ukur  Terbentuknya keyakinan kelas melalui kesepakatan yang dilakukan oleh murid dan guru  Siswa mampu menjalankan kesepakatan kelas yang sudah dibuat  Linimasa Tindakan  Keyakinan Kelas      Langkah-langk...

softskill minggu 2 (sejarah komunitas online, polarisasi dalam internet, brainstorming, mengembangkan kepercayaan dalam komunitas online)

SEJARAH KOMUNITAS ONLINE Komunitas online adalah kumpulan orang-orang yang melakukan interaksi melalui internet dan tidak bertemu secara fisik. Awalnya Komunitas Online/Jejaring Sosial dibentuk karena  adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Berikut adalah ringkasan sejarah tentang komunitas online atau lebih akrab disebut dengan jejaring sosial: Tahun 1997 :  Sixdegrees.com merupakan situs jejaring sosial pertama. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000 : lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001 : Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002 : friendster, semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003 : muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, F...

Artificial Intelligence, ELIZA, PARRY, NET TALK dan Expert System (SOFTSKILL)

Sejarah Artificial Intelligence Artificial intelligence  merupakan inovasi baru di bidang ilmu pengetahuan. Mulai ada sejak munculnya komputer modern, yakni pada tahun 1940 dan 1950. Ilmu pengetahuan komputer ini khusus ditujukan dalam perancangan otomatisasi tingkah laku cerdas dalam sistem kecerdasan komputer. Pada awalnya, kecerdasan buatan hanya ada di universitas-universitas dan laboratorium penelitian, serta hanya sedikit produk yang dihasilkan dan dikembangkan. Menjelang akhir tahun  1970-an dan 1980-an, mulai dikembangkan secara penuh dan hasilnya berangsur-angsur dipublikasikan di khalayak umum. Permasalahan yang ada di dalam kecerdasan buatan akan selalu bertambah dan berkembang seiring dengan laju perkembangan jaman yang menuju arah globalisasi. Program kecerdasan buatan lebih sederhana dalam pengoperasiannya, sehingga banyak membantu pengguna. Program konvensional dijalankan secara prosedural dan kaku, rangkaian tahap solusinya sudah didefinisikan se...