COMPUTER SUPPORTED COOPERATIVE WORK (CSCW)
Computer Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang
studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk
mendukung proses sosial kerja, dikarenakan mitra yang berjauhan. Istilah
Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene
Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri
oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan
mereka. Dimana saat itu CSCW mengangkat isu seputar bagaimana
aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung
teknologi komputer. Kemudian beberapa orang berpendapat CSCW sama dengan
Groupware. Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja yang
terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Mungkin salah satu contohnya penerapan CSCW pada bidang
pendidikan yaitu dimana para siswa melakukan kelas virtual dan saat itu sedang
mengerjakan ulangan harian dimana para siswanya saat melakukannya tidak
benar-benar berada di kelas tetapi bisa dimana saja yang memungkinkan siswa
tersebut untuk bisa terhubung pada suatu jaringan. Contoh lainnya yaitu
fasilitas chating dimana seseorang bisa berdiskusi melalui antarmuka teks tanpa
harus bertatap muka secara langsung.
Contoh
Kasus
Contoh yang digunakan pada CSCW adalah
• Kaloborasi
para Ilmuwan yang bekerja sama pada suatu proyek
• Pengarang
mengedit suatu dokumen bersama-sama
• Programmer
suatu sistem secara bersamaan
• Bekerja
sama sebagai sharing atas suatu video bersama yang conferencing aplikasi
• Para
pembeli dan para penjual melakukan transaksi secara eBay
CSCW lebih berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal
yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna.
Interaksi tersebut antara lain:
A. Komunikasi yang normal antar manusia
1. Komunikasi face-to-face
Pada komunikasi face
to face Tidak hanya meliputi bicara dan pendengaran, tapi juga menggunakan
bahasa tubuh dan tatapan mata.
• Personal
Space
• Kontak dan
tatapan mata
• Gerak
isyarat dan bahasa tubuh
• Back
channel
• Turn-taking
2. Percakapan
Terdapat dua prinsip ucapan antara lain:
• relevan
artinya bahwa suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu
• helpful artinya
suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh pendengar dan tidak ada ambigu dari
pemahaman pendengar
B. Komunikasi berbasis teks
Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware:
• discrete;
pesan langsung seperti dalam email
• linear;
pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal
• non-linear;
saat pesan dihubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext
• spatial;
dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi
sumber :
Komentar
Posting Komentar